oleh : Yissa Luthana

Apel dan Sari Apel

Satu-satunya cara agar kita terhindar dari beberapa penyakit adalah dengan berusaha membersihkan aliran darah dari zat-zat kimia, pewarna, perasa dan pengawet, juga dari lemak, minyak dan protein tinggi yang menyumbat menjadi toksin sebagai penghalang lancarnya aliran darah. Tapi dengan apa? Yaitu dengan serat buah, dimana ilmu kesehatan telah banyak membuktikan bahwa serat buah ampuh untuk menggiring racun-racun di dalam tubuh. Menurut ahli kesehatan mengatakan bahwa untuk membersihkan aliran darah dari toksin-toksin yang menyumbat adalah serat buah Apel. Kenapa harus Apel? Apel adalah buah yang sudah lama sekali dikenal sejak zaman nenek moyang kita. Apel bukan hanya rasanya yang enak dan penuh dengan gizi, tetapi Allah memberikan keajaiban di dalam buah Apel bahwa buah Apel ini mempunyai fungsi untuk detoksifikasi atau pembersih racun-racun dalam tubuh.

Kebanyakan orang mengonsumsi apel dalam bentuk buah segar. Ada juga yang mengolahnya menjadi jus, ditambah sirop atau perasa tambahan lainnya. Yang lain, ada yang mengolahnya menjadi cuka.

Beberapa kandungan nutrisi, vitamin dan mineral dalam cuka apel adalah sebagai berikut:

1. Asam Amino

2. Kalium (potasium)

3. Magnesium

4. Kalsium

5. Vitamin & Beta karoten

6. Zat Asam

7. Enzim & pektin

Buah apel-komponen cuka apel- kaya serat & mengandung potasium (berfungsi menjaga keseimbangan tingkat potasium – sodium dalam tubuh). Cuka apel mengandung banyak nutrisi menyehatkan, seperti beta karoten (sejenis antioksidan penengkal kanker), boron (bekerja seperti estrogen untuk mencegah hilangnya mineral dari tulang, membantu pendayagunaan vitamin D), kalsium (menjaga tulang & gigi tetap kuat dan sehat, membantu mengatur kerja jantung), berbagai enzim (membantu pencernaan makanan), zat besi (memainkan peran di dalam sistem kekebalan tubuh dan penting untuk kemampuan mengingat), magabesa (penting untuk menjaga tingkat kolesterol), karbohidrat dan asam amino (mencegah pikun). Cuka apel membantu menjaga keseimbangan asam/alkali dalam tubuh. Asam hidroklorit pada cuka apel dapat membantu pencernaan.

Cuka Apel

MANFAAT

Cuka apel tidak membuat perut kita asam, karena bukan makanan pembentuk asam. Cuka apel mengandung zat-zat pembentuk basa, sehingga baik untuk membantu menjaga keseimbangan asam-basa tubuh.

Keseimbangan yang dibutuhkan tubuh kita adalah 80 persen basa dan 20 persen asam. Asam dalam keseimbangan asam-basa tidak ada kaitannya dengan rasa asam pada makanan. Asam pada keseimbangan asam-basa adalah nilai keasaman kimiawi suatu zat/larutan, dinyatakan sebagai pH. Sedangkan rasa asam pada makanan adalah jumlah isi/volume suatu zat dalam makanan yang membawa rasa asam. Ukuran yang digunakan adalah persentase isi atau persentase volume.

Makanan yang rasanya asam tidak selalu memiliki pH asam. Selain cuka apel, buah-buahan seperti jeruk, nanas, mangga, bahkan jeruk nipis dan jeruk lemon termasuk makanan pembentuk basa. Sebaliknya, makanan ber-pH asam tidak selalu rasanya asam. Daging yang dapat meningkatkan keasaman darah, rasanya sama sekali tidak asam. Faktor yang menentukan makanan termasuk pembentuk asam atau basa bukan rasa atau baunya, tetapi jenis kandungan mineralnya, kadar proteinnya, dan kadar airnya.

Keasaman dalam darah yang terlalu tinggi dapat menimbulkan kondisi yang disebut asidosis. Asidosis menyebabkan gangguan metabolisme, diikuti terjadinya pengentalan atau penggumpalan darah, salah gizi (malnutrisi), dan munculnya penyakit-penyakit degeneratif termasuk obesitas (kegemukan).

Salah satu jenis merk cuka apel lokal

Selain untuk menambah cita rasa masakan dan mengempukkan daging, cuka apel sudah lama digunakan orang Barat untuk membuat berbagai ramuan tradisional. Antara lain untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut, mengobati jerawat dan luka akibat sengatan matahari. Kombinasi cuka apel, kelp/kombu (jenis rumput laut berdaun lebar dan panjang), lesitin, dan vitamin B6 sudah digunakan orang selama puluhan tahun untuk menurunkan berat badan. Sayang belum ada data ilmiah mengenai hal ini.

Orang Romawi dahulu gemar meramu cuka apel dengan tanaman herba atau minyak esensial untuk perawatan kulit. Cuka apel berkhasiat bagi kulit karena mengandung unsur-unsur berkhasiat tonik yang dapat melancarkan sirkulasi darah dalam pembuluh darah halus pada jaringan kulit; antiseptik untuk mencegah penyebaran bakteri, virus, atau jamur yang dapat memicu infeksi; dan mengandung zat-zat nutrisi lain yang membantu membuang kelebihan lemak pada permukaan kulit dan mencegah kulit kering.

Beberapa manfaat kesehatan dari cuka apel:

  1. Akan membersihkan toksin-toksin yang menyumbat dalam peredaran darah, yang menyebabkan penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung ( Jantung Koroner ). Sehingga peredaran darah menjadi bersih dan sehat, metabolisme tubuh kembali normal dan akhirnya penyakit itu menjadi sembuh.
  2. Kalium yang terdapat pada Cuka Apel, akan memecahkan purin yang mengendap dalam setiap persendian, sehingga Asam Urat atau Rematik, akan sembuh, dan sendi-sendi menjadi lentur kembali dan sehat.
  3. Cuka Apel akan sangat membantu kerja Hati, Paru-paru, Kulit, dan Ginjal. Sehingga 4 organ itu akan selalu sehat, karena toksin dari racun dibersihkan oleh Cuka Apel melalui sistem ekskresi, maka keempat organ ini setiap saat tidak harus mengeluarkan energi terlalu banyak.
  4. Untuk Diabetes, Cuka Apel sangat membantu menurunkan dan menormalkan gula darah, dan sangat membantu menormalkan sistem pankreas, sehingga pankreas mampu berfungsi kembali mengubah gula menjadi insulin.
  5. Untuk yang menderita Maag, sebetulnya Cuka Apel yang rasanya asam, tetapi ini hanya asam di mulut, kalau sudah masuk kedalam tubuh menjadi basa. Tidak semua yang asam akan bertentangan dengan maag, tetapi tergantung apa yang terkandung dalam asam itu. Cuka Apel mengandung Enzim Hidroklorida, dengan meminum Cuka Apel dengan dosis rendah, 1 sendok kecil atau 1 sendok teh dengan air hangat dan madu, sangat membantu menyembuhkan Maag.
  6. Cuka Apel sebagai pembersih dari semua makanan dan minuman yang beresiko terhadap kesehatan, tetapi anda bisa minum dahulu Cuka Apel, sebelum anda makan dan minum yang beresiko itu, sehingga toksin dari dalam makanan itu tidak akan terakumulasi dalam tubuh. Selama anda makan dan minum yang tidak organik (alami), selama itu anda memerlukan Cuka Apel sebagai pembersih semuanya, sehingga anda bisa minum beberapa kali sehari, dan ini tidak apa, karena Cuka Apel adalah sari buah apel, bukan obat yang berbahaya.

Salah satu produk lokal cuka apel

MENURUNKAN KOLESTEROL

Cuka apel merupakan sumber serat larut paling baik, bebas kolesterol dan lemak, serta mengandung natrium. Kandungan pektinnya juga efektif menekan kolesterol jahat penyumbat pembuluh darah (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Cocok diminum panas ataupun dingin.

Sari apel bersifat antiseptik, sehingga bisa membantu menekan jumlah bakteri jahat dalam saluran pencernaan, memperbaiki metabolisme tubuh, memperlancar aliran darah, mengatasi keracunan, serta menekan risiko obesitas. Selebihnya, cuka apel juga mengandung karotenoid, sumber vitamin A yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

MENURUNKAN BERAT BADAN

Meskipun tidak diketahui mengapa banyak orang mengklaim bahwa cuka apel meningkatkan penurunan berat badan. Beberapa teori menyatakan bahwa cuka apel membantu mempercepat metabolisme, dan membakar kalori. Sejumlah ahli gizi juga percaya bahwa kombinasi Vitamin B6 dan Lecithin dalam cuka apel sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Disarankan mengkonsumsi 2 sendok teh cuka apel dicampur dengan segelas air dan diminum sebelum makan setiap hari atau seteguk perlahan-lahan sepanjang hari

Sudah sejak lama cuka apel ditengarai sangat baik untuk menurunkan berat badan, beberapa jenis cuka apel untuk diet sudah beredar selama bertahun-tahun. Rasa asam cuka yang merupakan hasil pektin buah yang difermentasi, dianggap memiliki efek membakar lemak. Selain itu cuka dapat mengaktifkan beberapa gen asam oksidasi enzim penggemuk.

Pada studi yang dilakukan tehadap tikus, peneliti memberikan acetic acis (unsur kimia dalam cuka) atau air pada tikus melalui saluran perut. Semua tikus diberi diet yang sama. Peneliti menemukan bahwa tikus yang mendapat cuka kandungan lemak tubuhnya berkurang 10% dibandingkan tikus lainnya meskipun jumlah makanan yang dimakan tidak berpengaruh. Acetic acis bisa mengubah gen yang memproduksi protein yang membantu tubuh memecahkan lemak.
MENGOBATI DIARE

Cuka apel  adalah obat alami fantastis untuk diare karena konsentrasi pektin tinggi bertindak sebagai lapisan pelindung yang mencegah iritasi lapisan usus besar. Saran adalah untuk menambahkan 2 sendok makan cuka apel dengan segelas air, dan minum ini 3 kali sehari.

MENCEGAH DAN MENGOBATI DIABETES

Dengan mengkonsumsi cuka apel akan membuat kita merasa kenyang dan mengurangi makan makanan berkabohidrat tinggi. Hal ini turut membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin.

DOSIS

salah satu merk cuka apel lokal TAHESTA

Dosis umum: ½ -1 sdm cuka apel dicampur dengan segelas air. Mium 2-3 kali sehari beberapa menit sebelum makan. Dosis ini juga dianjurkan bagi penderita artritis. Untuk luka akibat sengatan matahari, dinginkan cuka apel dan kompreskan langsung pada kulit sakit.

Cuka apel sebaiknya dikonsumsi beberapa saat sebelum makan. Bila belum biasa dengan rasanya, boleh ditambah 1 sdt madu atau jus buah sebagai pengganti air. Untuk anak-anak, cukup 1 sdt saja. Sebagian ahli menganjurkan minum ekstra air 2-3 gelas setelah minum cuka apel untuk lebih mempercepat pengeluaran racun dan lemak. Cuka apel juga boleh dicampurkan dalam masakan atau salad.

DOSIS PENGGUNAAN DAN KHASIAT KESEHATAN CUKA APEL

  • MENURUNKAN KEGEMUKAN ( Obesitas ) Oleh : Cyrill Scott in Apple Cider vinegar

Campurkan 1 sendok makan CA ke dalam 1 gelas air , diminum 3 x sehari sebelum makan. Khusus untuk pagi , hendaknya diminum pagi-pagi sekali sebelum makan.
Hindari makanan yang banyak mengandung garam, perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan segar, sering menghirup nafas dalam-dalam, olah raga secara teratur dan seimbang.

  • MENINGKATKAN BERAT BADAN ( Weight Gain ) Refrence : Healing Leterature Journal

Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang , tambahkan 2 sendok makan madu, di minum 3 kali sehari.

  • THERAPY GINJAL DAN KANDUNG KEMIH Refrence : Healing Leterature Journal

Sesuai fungsi Cuka Apel sebagai Eliminative/Pembersih, ginjal dan kandung kemih akan mendapatkan efek Flushing/pembilas bila mengkonsumsi Cuka Apel sebagai teraphy.
Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang dan diminum 6 kali sehari. Akan sangat bermanfaat bila beberapa gelas diminum pada pagi hari.

  • PENCEGAHAN RAMBUT RONTOK Refrence : Healing Leterature Journal

Rambut rontok diakibatkan karena jaringan akar rambut kekurangan potasium atau beberapa mineral lainnya, dengan mengkonsumsi Cuka Apel akan memperbaiki keseimbangan kebutuhan mineral yang dibutuhkan rambut dengan therapy.

Campurkan 1 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang, diminum setelah makan atau diantara waktu makan. Atau dapat juga diikuti dengan pencegahan dari luar dengan campurkan 1 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang aduk sampai rata, celupkan sisir kedalam larutan tersebut, lalu sisirkan kerambut secara pelan-pelan dan merata , biarkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih.

  • PENYEMBUHAN AMBIEN ( Hemorrhages )

Refrence : Healing Leterature Journal
Cuka Apel akan membantu membekukan darah secara mudah, penderita ambien yang telah sampai menimbulkan pendarahan , dianjurkan minum 2 sendok makan Cuka Apel yang dicampur dengan 1 gelas air matang , diminum pada waktu makan 3 kali sehari.
Untuk therapy bagian luar, oleskan/kompreskan pada bagian luka ambien dengan kapas yang dibasahi dengan CA 1 sendok makan yang dicampur dengan 1 gelas air matang.

  • PENYEMBUHAN VARISES ( Varicose Veins ) Oleh : Healing Alternative Medicine

Urut bagian yang mengalami varises/sakit dengan Cuka Apel ( tanpa dicampur air ). Cara mengurutnya harus mengarah kebagian jantung. Misalnya bagian yang nyeri ada di lutut, urutlah dari arah bawah/dari pergelangan kaki mengarah ke atas / ke paha. Sangat diajurkan waktu mengurut sebaiknya pagi dan malam hari.

  • MENCEGAH MIGRAIN ( Sakit Kepala Kronis ) Refrence : Apple Cider vinegar Literature by Cyrill Scott

Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel kedalam 1 gelas air matang pada setiap makan, ketika migrain sedang menyerang, campurkan cuka apel kedalam air dengan perbandingan 1 : 1 , lalu didihkan campuran tersebut, hirup uapnya sebanyak 75-80 kali.

  • PERAWATAN GIGI DAN PELARUT NICOTIN Refrence : Apple Cider vinegar Literature by Cyrill Scott

Sebagai fungsi membantu metabolisme kalsium dalam tubuh, maka Cuka Apel sangat bagus untuk kesehatan gigi dan pelarut nicotin bagi perokok pada lapisan gigi. Campurkan 1 satu sendok makan CA pada 1 gelas air, gunakan untuk kumur dan gosok gigi. Dianjurkan juga minum 3 x sehari dari campuran 2 sdk mkn CA dengan 1 gelas air.

  • MENGEMBALIKAN TUBUH DARI KELELAHAN KRONIS (Fatigue) Refrence : Food Pharmacy By Jean carper

Campurkan 2 sendok makan Cuka Apel pada 2 sendok makan madu murni, minum sebelum tidur. Buat campuran 4 sendok Cuka Apel kedalam ½ gelas air, usapkan larutan tersebut pada bahu, lengan, dada, perut, punggung dan paha sampai campuran tersebut meresap dalam kulit (jangan dilap dengan kain kering/handuk).
Untuk campuran di Bathup mandi, campurkan 1 botol Cuka Apel dalam air di bathup, kemudian berendamlah sekurang-kurangnya selama 15 menit.

  • PENCEGAHAN SAKIT TENGGOROKAN DAN AMANDEL Refrence : Food Pharmacy by Jean Carper

Campurkan 4 sendok makan CA kedalam 1 gelas air, berkumurlah dengan larutan itu beberapa saat setiap jam kemudian telanlah, jika rasa sakitnya berkurang ulangi berkumur setiap 2 – 3 jam sekali.

  • MINUMAN SEHAT SAAT SANTAI SBG PENGGANTI TEH ATAU KOPI Oleh : Ir. Nurhadi Chemical Eng. Kelion Equatrorial Mining

Tambahkan 2 sendok makan Cuka Apel dan gula/syrup secukupnya pada segelas air, lebih segar bila disajikan dalam keadaan dingin atau tambahkan es batu.

  • MENCEGAH KERACUNAN MAKANAN/ALERGI Oleh : Tiny Lugman Luntong dalam Rahasia Cuka apel sebagai Obat

Siapkan campuran 2 sendok makan Cuka Apel dengan 1 gelas air, minum sebelum makan makanan yang diyakini bisa menimbulkan alergi atau sebagai pencegah kemungkinan terjadi keracunan.

  • MENGURANGI GANGGUAN ASTMA Oleh : Tiny Lugman Luntong dalam Rahasia cuka apel sebagai Obat

Campurkan 1 sendok makan CA pada 1 gelas air, diminum/dihirup sedikit-sedikit selama 1/2 jam. Setelah 1/2 jam berlalu, perlakuan tersebut diulangi lagi sampai bunyi ngik-ngiknya/nafas yang tersengal-sengal menghilang. Jika rasa tersengal masih ada, dapat diminum gelas ke dua dari campuran yang sama dengan cara minum seperti semula. Diikuti dengan menarik nafas dalam-dalam akan sangat membantu penyembuhan tersebut.

  • MENANGGULANGI KEHILANGAN DARAH Refrence : Rubrik Surabaya Pagi Alternative Madicine

Pada saat aliran darah seseorang yang bersifat persistent, tiba-tiba mengeluarkan darah dari hidung (Mimisan) tanpa sebab yang diketahuinya, segera ditanggulangi dengan meminum campuran 2 sendok Cuka Apel dengan air sebanyak 3 kali sehari.
Sedangkan kehilangan darah pada saat buang air besar akibat radang usus besar ( Colitis ) dapat diatasi dengan minum campuran 2 sendok Cuka Apel dan 2 sendok madu murni dengan air 1 gelas air , diminum 3 kali sehari.

  • MENGHILANGKAN BAU BADAN

Cuka apel adalah obat bau badan yang efektif, karena dapat membantu mengatur level pH kulit yang membantu untuk menghilangkan bakteri penyebab bau. Untuk bau ketiak, cukup lap sekali setiap pagi dengan cuka sari apel murni (menggunakan bola kapas). Untuk bau kaki, isi panci dengan air hangat dan tambahkan 1 / 3 cangkir cuka apel, maka biarkan kaki anda rendam dalam campuran ini selama 15 menit sekali per minggu.

TAMBAHAN

Beberapa jenis cuka lainnya :

Cuka beras (rice vinegar). Hasil fermentasi dari beras. Merupakan jenis cuka yang sering digunakan pada masakan timur, seperti sushi. Aroma cuka beras cukup tajam, sehingga dimanfaatkan juga untuk menghilangkan bau amis pada makanan.

Cuka anggur merah (red wine vinegar). Seperti namanya, bahan dasar pembuatan cuka ini adalah anggur merah. Kualitas cuka anggur merah juga dapat bervariasi, tergantung dari kualitas buah anggur dan lama pembuatannya. Semakin lama proses pembuatan cuka akan semakin baik kualitasnya. Tingkat keasamannya cenderung lebih rendah daripada cuka apel. Cuka anggur merah sangat cocok dipakai sebagai salad dressing dan bumbu penyedap pada hidangan daging.

Cuka balsam (balsamic vinegar). Merupakan sejenis cuka yang dibuat dari buah anggur. Namun, yang membedakannya dari cuka anggur adalah proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan. Selain itu, cuka balsam berwarna coklat kehitaman, sedangkan cuka anggur berwarna kemerahan. Biasanya, cuka balsam digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan Eropa, khususnya masakan Perancis. Rasanya yang sedikit asam dan beraroma sedap membuat cuka ini lebih banyak berfungsi sebagai bumbu daripada cuka.

DOWNLOAD MAKALAH PEMBUATAN CUKA

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

3 responses »

  1. Bog-QuDeWe says:

    salam kenal,nice posting
    I ‘d like to post your link in my blog…thanks

  2. Ade says:

    Postingnya bagus banget, aq ijin co pas untuk di blog aq ya,,.kebetulan ada kerabat yang butuh info ttg ini. Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s