Indonesia segera memasuki musim penghujan. Salah satu penyakit yang kerap mendampingi musim ini adalah flu.

Anda tidak boleh menganggap remeh penyakit musiman ini. Apalagi, saat ini tengah merebak virus H1N1/flu babi dengan gejala yang mirip flu biasa.

Agar tubuh tak diserang flu berikut solusi alami yang sederhana bisa membantu Anda melindungi diri:

1. Mengkonsumsi Chestnut bisa meningkatkan kekebalan

Di Asia dan wilayah Mediterania, chestnut populer selama berabad-abad. Chestnut berbeda dari kacang-kacangan lainnya dengan kandungan lemak rendah dan serat tinggi. Bentuknya yang ringan, rasa manis dan konsistensi rapuh merupakan sebuah sumber yang sangat baik dan mengandung potasium, folat, vitamin B6 dan C. Chestnut memperkuat sistem adrenal ginjal dan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan flu dan memerangi infeksi.

Untuk mencegah flu, Anda bisa mencampurkan chestnut ke dalam masakan. Bisa juga dipanggang dalam oven, dimasak dengan ayam, domba, sapi, atau babi, atau dalam setiap hidangan dengan buncis dan polong-polongan.

2. Merangsang timus

Timus  adalah kelenjar seukuran kepalan tangan terletak di belakang tulang dada dan berada di tengah dada Anda. Timus memiliki peran penting dalam fungsi limfatik dan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendukung kesehatan timus, orang Cina menggunakan akar Astragalus. Studi menunjukkan astragalus adalah suatu adaptogen, yang artinya memperbaiki baik tinggi dan rendah ketidakseimbangan metabolisme, akar ini juga bekerja memberikan kekebalan pada tubuh, dan meningkatkan vitalitas secara keseluruhan. Dosis yang biasa adalah 100-150 mg per hari dalam bentuk kapsul atau Anda dapat minum Astragalus tingtur atau teh.

Cara lain untuk merangsang timus Anda adalah dengan menggunakan akupresur. Dengan telunjuk dan jari tengah, tekan dengan lembut terhadap sternum (tengah antara puting susu) 50 kali, di pagi dan sore hari.

3. Taman herbal juga bisa memberikan kekebalan

Anda dapat menggunakan ramuan berikut ini untuk membantu memperkuat sistem kekebalan Anda:

• Ligustrum telah diuji bisa meningkatkan mengalami fungsi kekebalan. Ramuan dari lugustrum terbukti bisa meningkatkan produksi sel darah putih, fagositosis, dan T-limfosit membantu kegiatan sel.

• Cherokee Rose secara tradisional digunakan untuk melindungi tubuh dari patogen eksternal dengan sifat zat. Ini juga merupakan salah satu sumber alam tertinggi penghasil vitamin C.

• Honeysuckle adalah anti-mikroba alami herbal yang telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan ketahanan dan melawan bakteri, virus, dan infeksi jamur.

Anda dapat menemukan jamu ini di toko makanan kesehatan, bisa diperoleh secara online, dan di kantor herbalists akupunktur.

4. Sehat dengan produk-produk lebah

Di Asia, Royal jelly telah lama dianggap sebagai tonik umur panjang yang meningkatkan energi, kejantanan, dan kekebalan. Kaya akan vitamin dan kolagen, royal jelly digunakan untuk memberi makan ratu lebah. Protein antibakteri dalam substansi, yang dijuluki royalisin dinilai efektif membunuh bakteri tertentu, termasuk streptococcus dan staphylococcus.

5. Beta-karoten membangun kekebalan

Beta-karoten adalah antioksidan kuat yang meningkatkan fungsi kekebalan dan meningkatkan kesehatan selaput lendir. Bahkan, studi yang dilakukan pada 1997 oleh Institute of Food Research di Inggris Raya menyarankan bahwa asupan beta-karoten dapat meningkatkan kekebalan yang diperantarai sel tanggapan. Cara mendapatkan betakaroten untuk mencegah flu yakni dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran berwarna oranye, termasuk wortel, butternut squash, labu, ubi jalar, dan ubi. Selain itu, semua kandungan yang terdapat dalam sayuran diyakini mengandung Vitamin C, yang terkenal bisa memberikan kekebalan.

6. All-in-one imunitas sup

Buat sup berisi jamur shitake, setiap jenis rumput laut, kubis, setiap jenis labu, wortel, jahe segar, oregano, dan bawang.  Jamur shiitake mengandung polisakarida, sterol, dan coumarin, serta vitamin dan mineral yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda. Rumput laut membersihkan tubuh, kubis memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, jahe mendukung pencernaan yang sehat, dan sisa bahan meningkatkan kesehatan umum dan kesejahteraan. Makan sup ini setiap hari untuk membangun sistem kekebalan dalam tubuh.

7. Perlakukan Tubuh Anda dengan baik

Doronglah tubuh Anda untuk melawan flu dan infeksi lain dengan memberi perawatan yang dibutuhkan.

•Setidaknya 7 jam kualitas tidur setiap malam. Studi menunjukkan bahwa fungsi sistem kekebalan Anda turun rata-rata 60% setelah hanya tiga malam kurang tidur.

• Jauhkan tingkat stres rendah dengan meditasi, tai chi, atau yoga.

• Berjemur di pagi hari dapat mengaktifkan sirkulasi getah bening yang penting untuk membersihkan puing-puing beracun dan merangsang kekebalan.

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s