Niasin

Asam nikotinat (niasin) berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan trigliserid plasma. Efek ini hanya diperoleh pada dosis besar (2-6 gram per hari). Niasinamid adalah bentuk amida dari asam nikotinat. Niasin dan niasinamid dalam badan mempunyai peranan dalam metabolisme koenzim untuk berbagai protein yang penting dalam jaringan respirasi. Kedua zat ini dalam badan diubah menjadi bentuk aktif, yaitu NAD (nikotinamida adenin dinukleotida) dan NADP (nikotinamida adenin dinukleotida fosfat).

Obat ini efektif untuk hiperlipoproteinemia tipe IV. Niacin menimbulkan efek vasodilatasi terutama di daerah flushing (muka dan leher) dengan kemerahan dan rasa gatal yang masih berlangsung sampai 2 jam setelah pemberian.

Walaupun niasin cukup efektif dan harganya murah, niasin ini dapat dikatakan tidak digunakan lagi sebagai obat hipolipidemik karena memiliki banyak efek samping, sudah ada obat baru yang lebih aman. Penggunaan utama obat ini untuk penyakit Pellagra dan penelitian (pembanding) obat hipolipidemik.

Obat ini juga dikenal sebagai faktor PP (Pellagra Preventive). Pellagra adalah penyakit akibat defisiensi niasin dengan gejala kelainan pada kulit, saluran cerna dan SSP. Kebutuhan niasin untuk pencegahan pellagra adalah rata-rata 4,4 mg/1000 kkal, pada orang dewasa asupan minimal 13 mg per hari.

Mekanisme kerja
Efek hipolipidemik niasin mempunyai fungsi terjadi karena menurunnya sekresi VLDL hepatik yang dihasilkan dari reduksi sintesis trigliserid. Karena kolesterol LDL merupakan lipoprotein kaya-kolesterol yang berasal dari VLDL, pengurangan konsentrasi VLDL plasma, kadar LDL dalam sirkulasi juga akan menurun. Kenya taannya, kadar trigliserid plasma menurun dalam beberapa jam setelah pasien diberi niasin, dan penurunan kadar kolesterol akan terlihat setelah 4 hari terapi.

Kemampuan niasin untuk mengurangi pembentukan trigliserid dalam hepar dapat disebabkan oleh penurunan konsentrasi asam lemak bebas dalam darah, dan hampir seluruh asam lemak dalam darah berasal dari jaringan lemak.



About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s