dua cangkir teh hijau

NIKMAT rasanya ketika di pagi hari kita meminum secangkir teh manis yang masih panas. Di balik kenikmatan itu, banyak rahasia alam yang bisa menyehatkan tubuh dan mencegah dari serangan penyakit yang selalu menghantui kita.

SECARA lengkap khasiat teh hijau antara lain:

Meningkatkan Kesehatan Gigi & Mulut

Fluoride adalah mineral yang dapat menguatkan email dan membantu mencegah kerusakan gigi hasil dari penelitian Dr. Hittori menyimpulkan, Katekin dari teh dapat menahan proses pembentukan plak gigi. Tidak hanya menghalangi tapi justru membunuh bateri tersebut sehingga mencegah timbulnya pembengkakan gusi.

Mencegar Kanker

Sementara itu, menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cellular Biochemistry edisi Juli 2001 tersebut, kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak dalam teh hijau berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker payudara. Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan. Menurut studi tersebut, daun teh hijau yang telah dikeringkan terdiri dari 40% polifenol. Selain dapat memerangi kanker payudara, zat ini juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, usus besar, dubur, hati, dan pankreas.

 

EGCG (epigallocatechin gallate) adalah turunan dari Katekin. Kadar antioksidannya 4-5 kali lebih tinggi dibanding vitamin E dan C. Karena itu sangat kuat didayagunakan menghambat pertumbuhan sel kanker, Antioksidan ini sanggup untuk membunuh sel kanker tanpa membahayakan jaringan/sel sehat disekitarnya. Mirip aksi kemoterapi tapi efeknya menyenangkan.

bakar lemak

Teh hijau dapat membantu mempercepat tingkat metabolisme karena pengaruh antioksidannya yang membantu liver berfungsi lebih efektif. Baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika yang meneliti pria berberat badan berlebihan memperlihatkan setelah minum teh hijau tiga kali sehari para pria itu dapat membakar 200 kalori ekstra per hari.

Selain itu, penelitian The American Journal of Clinical Nutrition belum lama ini menemukan khasiat teh hijau untuk melangsingkan tubuh. Ternyata, paduan kafein dan teh hijau yang sesuai takaran mampu membakar 4% kalori lebih banyak dibandingkan dengan orang yang berdiet dengan menggunakan placebo.

Mencegah Resiko Stroke & Jantung

Teh jenis ini diyakini dapat menurunkan kolesterol jahat LDL karena pengaruh antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam arteri.

Pembekuan trombosis yang abnormal dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke dan teh hijau terbukti mencegah pembekuan darah tidak normal secara efektif.

Teh yang biasa kita konsumsi, khususnya teh hijau, banyak mengandung khasiat. Sebuah riset Erasmus University Medical School, Rotterdam mengungkapkan pembuluh darah balik besar (aorta) para responden yang gemar meminum teh hijau, memiliki lapisan yang melindungi terjadinya penggumpalan darah. Kondisi ini menyebabkan menurunnya kemungkinan terjadinya serangan jantung koroner.

Menurunkan tekanan darah

Penyebab utama hipertensi adalah sebuah enzim yang dikeluarkan ginjal. Obat hipertenesi terkenal adalah ACE inhibitor. Teh hijau merupakan inhibitor ACE alami dan beberapa penelitian menunjukkan tekanan darah tinggi menurun setelah diberi ekstrak teh hijau.

 

Melindungi dari diabetes

Polyphenol dari teh hijau menghalangi amylase sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah. Tingginya glukosa dan insulin dalam darah memungkinkan orang terkena diabetes.

 

Mencegah keracunan makanan

Karena teh hijau dikenal sebagai pembunuh bakteri, minum teh hijau dapat menurunkan risiko keracunan makanan akibat bakteri karena teh hijau dapat mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya seperti clostridia dan E. coli.

Mencegah napas tak sedap

Minum teh hijau dapat membunuh bakteri yang hidup di mulut sebagai penyebab bau mulut karena memiliki antibakteri alami.

 

Melindungi dari hepatitis

Hepatitis seringkali dipicu oleh tingginya tingkat zat besi dalam hati. Teh hijau terbukti dapat menurunkan tingkat zat besi di seluruh tubuh yang memiliki pengaruh langsung untuk melindungi hepatitis.

 

Meningkatkan kekebalan

Menurut sebuah penelitian di Jepang berkumur dengan teh hijau dapat meningkatkan kekebalan dan terhindar dari influenza dan flu. Penelitian di Harvard University juga menujukkan bahwa kimiawi teh hijau dapat merangsang sel gammadelta T. yang mendukung kekebalan terhadap bakteri dan virus.

 

**

SEKALIPUN memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa teh juga mengandung kafein. Jika dikonsumsi secara berlebih, ia dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti insomnia, kecemasan, dan ketidakteraturan detak jantung.

Namun, kandungan kafein dalam teh masih tetap lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi atau minuman ringan bersoda.

Selain kafein, teh juga mengandung flavonoid, yang dapat menghambat penyerapan zat besi dari unsur-unsur tumbuhan seperti sayur dan buah. Namun, zat besi dari daging-dagingan tidak terpengaruh penyerapannya. Kenyataan ini seakan mengingatkan kita pada pepatah kuno, apa pun yang berlebihan akan tidak baik efeknya. Oleh karena itu, dua cangkir teh sehari yang diminum secara teratur sudah bisa memberi dampak baik bagi tubuh kita.

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

One response »

  1. terimakasih untuk info yang diberikan pak
    saya ingin bertanya tentang proses pembuatan dar teh hijua sendiri, apakah berbeda dengan teh yang biasa kita konsumsi

    mochamads09.student.ipb.ac.id
    .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s