Kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat buka puasa di bulan Ramadhan. Rasanya yang manis sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan recovery secara cepat. Gula yang terkandung dalam buah kurma merupakan campuran dari glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungannya sangat bervariasi tergantung jenis dan asal kurmanya.

Selain mampu menyuplai energi, buah yang berasal dari Timur Tengah ini juga kaya akan serat dan berbagai jenis vitamin dan mineral. Vitamin yang dapat ditemukan dalam jumlah cukup pada kurma diantaranya adalah vitamin A, B1, B2 dan Niasin. Selain itu kurma juga merupakan sumber potasium, kalsium, dan besi yang baik.

Serat pangan dalam kurma sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kemampuannya untuk meningkatkan transit time makanan dalam usus akan menunda rasa lapar (memperlama rasa kenyang). Pada saat puasa, sifat ini tentu sangat bermanfaat sekali. Selain itu, serat pangan juga mampu membentuk massa yang viskos karena dapat menahan air dengan sangat baik, sehingga juga dapat mencegah konstipasi. Pentingnya serat pangan ini mendapat perhatian yang terus meningkat dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini terkait dengan pola konsumsi yang tidak seimbang (rendah serat), sehingga menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan. Vitamin A yang terkandung dalam kurma juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Sedangkan vitamin B1 (tiamin), sangat penting sebagai koenzim beberapa jenis enzim. Defisiensi vitamin B1 dapat menimbulkan penyakit beriberi. Vitamin B2 (riboflavin) juga merupakan koenzim dari berbagai jenis enzim. Kekurangan vitamin B2 ditandai dengan bibir pecah dan inflamasi di sekitar mulut. Sedangkan niasin berperan penting dalam pelepasan energi dari makanan dan menjaga fungsi kulit, saraf, serta pencernaan.

Dari segi mineral, potasium sangat penting bagi kesehatan jantung. Sedangkan kalsium penting dalam pembentukan tulang. Mineral besi sangat penting dalam transport dan penyimpanan oksigen dalam tubuh. Kekurangan besi dapat mengakibatkan sistem saraf dan otak menjadi terganggu.

Mengingat kandungan gizi kurma tersebut, sebaiknya buah ini tidak hanya dikonsumsi pada saat bulan ramadlan. Tetapi juga dihari normal lainnya. Kurma kini tidak hanya dinikmati dalam buah segar, tetapi juga sudah dapat dinikmati dalam bentuk lain, misalnya selai roti dan minuman kurma. PT Marizarasa Sarimurni sebagai produsen selai terkemuka baru-baru ini memperkenalkan jam kurma, yang dapat dinikmati pada saat berbuka maupun sahur. Inovasi ini tentu memberikan kemudahan bagi konsumen untuk merasakan manfaat dari kurma.

Komposisi dan Kandungan Gizi Kurma

Kandungan karbohidratnya berkisar sekitar 60% pada ruthab(kurma basah) – dan 70% pada tamr (kurma kering), 20% protein,3% lemak dan sisanya merupakan zat garam mineral dan besi.. Kebanyakan varietas kurma mengandung gula glukosa (jenis gula dalam darah) dan fruktosa (jenis gula yang terdapat dalam sebagian besar buah-buahan).

Dalam setiap 100 gr kurma kering terkandung vitamin A 90 IU, tiamin 93 mg, riboflavin 114 mg, niasin 2 mg dan kalium 667 mg. Zat-zat gizi itu berfungsi membantu melepaskan energy, menjaga kulit dan syaraf agar tetap sehat serta penting untuk fungsi jantung.

Tabel selengkapnya nilai nutrisi buah kurma kering (dalam 100 gr) dari makalah fruits of warm climates oleh Morton J, hal 5-11, 1987 di www.hort.purdue.edu :

Unsur Kadar Unsur Kadar
Kalsium 52 mg Protein 2,35 gms
Lemak 0,43 gms Karbohidrat 75 g
Fiber/serat 2,4 g Vitamin A 90 UI
Thiamin (Vitamin B1) 93 mg Riboflavine (Vitamin B2) 144 mg
Asam Nikotinat 2,2 mg Kalium (potassium) 667 mg
Magnesium 50 mg Besi 1,2 mg
Copper/tembaga 2,4 mg Biotin 4,4 mikrog
Zinc 1,2 mg Asam folic 5,4 mikrog
Sulfur 14,7 mg Asam Askorbat 6,1 mg
Sodium 13 mg Niasin 2 mg
Khlorida 271 mg Kobalt 1,9 mg
Glukosa 38,5 gms Fruktosa 35,5 gms
Fosfor 63 mg Unsur gula lain 3,4 gms
Energi 323 kal

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

2 responses »

  1. eemoo says:

    mba, aku cuplis sedikit ya , postingan kurmanya, at:
    http://www.eemoo-esprit.blogspot.com
    http://www.eemoo.wordpress.com

    thankz ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s