Manfaat menyusui diwajibkan menjadi budaya populer bagai seorang ibu yang baru melahirkan. Bahkan, tidak kurang dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI kepada bayi hingga usia dua tahun. Menurut WHO, ASI mengurangi risiko SIDS atau Sindrom Kematian Bayi Mendadak, asma, eksim, masalah gigi, diabetes, dan obesitas pada usia anak satu tahun pertama. Menyusui juga berperan  meningkatkan kecerdasan anak dan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Oleh karena itu, tidak lagi mengejutkan mendengar bahwa sejumlah sektor di dunia kedokteran menyarankan asupan kolostrum untuk anak autis. Banyak organisasi seperti Autism Research Institute merekomendasikan Kolostrum sebagai suplemen diet untuk anak autis-dan memang demikian.

Tapi pertama-tama, apa itu Kolostrum? Dan mengapa kolostrum bermanfaat?

Juga dikenal sebagai susu pertama, Kolostrum adalah jenis susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia (contohnya manusia) saat masa-masa akhir kehamilan dan pada hari-hari awal setelah melahirkan. Kolostrum memiliki nutrisi penting dalam jumlah tinggi seperti protein dan karbohidrat. Kolostrum juga mengandung antibodi (yang bertanggung jawab untuk menetralisir benda asing dalam tubuh) dan rendah lemak. Karena rendah lemak, lebih mudah untuk mencerna, membantu bayi menyerap semua nutrisi dalam jumlah yang rendah. Namun, Kolostrum tidak hanya bermanfaat bagi bayi. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, dikatakan bahwa Kolostrum sangat bermanfaat bagi kesehatan umum orang dewasa, berkat dampaknya pada sistem kekebalan tubuh seseorang dan kekuatan fisik. Dengan karakteristik ini, mudah untuk melihat mengapa Kolostrum dikatakan suplemen efektif untuk anak autis.

Pertama, fakta bahwa Kolostrum lebih mudah untuk dicerna dibandingkan dengan susu biasa bagi anak-anak autis, karena fungsi pencernaan mereka dalam efisiensi maksimum. Karena lebih mudah untuk mencerna, mereka mudah dapat menyerap nutrisi tanpa masalah atau tanpa menyebabkan komplikasi karena zat belum dicernakan dalam tubuh. Manfaat utama dari Kolostrum, tentu saja adalah kemampuan untuk fungsi tubuh utama dalam tubuh. Mengkonsumsi Kolostrum dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh anak-anak autistik. Bahkan tanpa kutipan dari studi, itu adalah fakta yang diketahui bahwa anak-anak autistik mudah sakit. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh mereka tidak bekerja seperti sistem kekebalan tubuh seseorang yang sehat, karena efek dari gangguan ini. Dengan manfaat Kolostrum, anak-anak dengan autisme dapat memiliki kemampuan untuk melawan penyakit dan gangguan lain yang dapat membuat mereka tidak berguna tanpa fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Secara umum, Kolostrum dicari karena memiliki sifat-meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi kesehatan usus saluran pencernaan untuk orang dengan autisme.

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s