Oh My god,,, ada pesta buku dengan diskon besar2an….

lewat suatu tempat dimana digelar pesta buku dengan diskon besar-besaran, satu pemikiran nakal yang langsung merasuki otakku, “Nih buku pasti nggak laku2 amat, terus diobral deh?”…. Hmmm… semoga aku salah… tapi juga semoga aku benar biar aku gak bego2 amat

Sebelumnya, jauh-jauh hari, aku udah ngira kalau buku-buku jenis IT, motivasi-motivasi kaya gitu, inspirasi gaya klasik pasti lah larisnya cuma waktu peluncuran saja… Bagaimana enggak, nah di internet, pak Google menyediakan aneka jenis artikel, ebook sejenis itu yang gratisan …. di sini ide penulisan dan tema buku yang harus dipelajari lagi sama penerbit kaya’nya… aku heran banget sama penerbit2 buku di Indonesia, kalau enggak nerbitin novel asing yang diterjemahkan lagi, ya paling suka nerbitin buku-buku pengetahuan/motivasi bertema populer (populer isinya sama dengan artikel atau ebook2 gratisan di internet) yang akhir2nya mereka akan berperang dengan dunia maya dimana di dunia maya semuanya serba gratisan (kecuali biaya untuk interenetan) …. untuk itu, para penerbit negeri ini perlu mendapat kritisi publik untuk mecegah diterbitkannya buku-buku yang sangat mudah dijiplak isinya, atau berisi sam/identik dengan media gratisan yang diterbitkan di website2 nasional, agar eksklusivitas karya tersebut tetap terjaga, dan orang akan lebih tertarik/terpaksa membelinya dalam bentuk buku dan kecenderungan mendownload ebook gratisan yang serupa di internet di terjadi…

Lihat saja buku-buku bertema IT, jenis-jenis tutorial teknologi informasi, komputer dll…. di internet sangat banyak ebook-ebook bertema seperti itu yang gratisan/cuma2… tentu saja mubazir bukan bila menerrbitkan dengan tema-tema seperti itu dalam jumlah banyak, yang isinya sudah pasti bisa ditebak seperti apa….

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s