ASI memiliki flavor yang lebih bervariasi daripada susu formula. Hal ini menyebabkan bayi yang minum ASI akan lebih mudah menerima ‘makanan baru’ dibandingkan bayi yang minum susu formula.

Pada dua tahun pertama hidupnya, anak belajar mengenal flavor (citarasa) makanan. Anak yang dikenalkan dengan berbagai citarasa di usia ini, akan lebih mudah menerima ‘makanan baru’ yang citarasanya tentu bervariasi. Pengenalan citarasa pada tahap awal sekali terjadi pada saat anak masih menyusu.  Mengapa bayi yang minum ASI lebih mudah menerima makanan baru dibandingkan bayi yang minum susu formula? Dari penelitian diketahui bahwa flavor (citarasa) ASI dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu, beberapa jam sebelum makan. Penelitian Hausner et al. (2009) menunjukkan, bahwa ASI dan susu formula sama-sama mengandung komponen volatil yang berasal dari turunan lemak, termasuk komponen alkohol dan karbonil. Tetapi, susu formula lebih banyak mengandung komponen volatil yang terbentuk karena proses termal (pada saat produksi) sementara ASI mengandung komponen yang lebih beragam, yang berasal dari makanan yang dikonsumsi ibu. Kondisi ini menyebabkan bayi yang minum ASI akan terekspos dengan komponen volatil (citarasa) yang lebih beragam daripada bayi yang minum susu formula (terutama bayi yang selalu minum susu formula dengan rasa dan merk yang sama).

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s