Bagi sebagian besar orang, buah tomat atau produk-produk yang mengandung tomat mungkin paling disorot karena kandungan antioksidan likopen yang tinggi. Namun selain itu, ada beberapa buah seperti pepaya, jambu biji merah, semangka  dan jeruk florida (pink grapefruit) yang juga mengandung likopen.

Likopen adalah pemberi warna merah alami pada buah-buahan. Bagi manusia, likopen sangat berguna sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat. Namun sayangnya, penyerapan likopen oleh tubuh kita tidaklah selalu mudah. Sebagai contoh: Tomat. Kadar antioksidan pada tomat sebelum dimasak relatif rendah. Memasak tomat dapat meningkatkan jumlah likopen, apalagi jika ditambahkan dengan minyak zaitun atau kanola karena dapat mempermudah tubuh untuk menyerap likopen. Ini artinya, semua produk olahan tomat seperti saus tomat, sup tomat, dan saus spageti merupakan sumber likopen yang sangat baik bagi tubuh. Hanya perlu diperhatikan untuk memilih produk yang rendah sodium dan gula.

Agar asupan antioksidan Anda tercukupi, konsumsilah buah-buahan seperti pepaya, jambu biji merah, semangka dan jeruk florida dengan yogurt rendah lemak atau cottage cheese (sejenis keju lembut) untuk membantu tubuh menyerap likopen lebih baik.

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s