Kamu mungkin doyan makan yang pedas-pedas….ternyata cabe itu punya khasiat lo…..
Banyak sekali orang suka sambal atau makan sesuatu dengan cabe. Karena tanpa sambal makan terasa kurang lengkap
Kadang-kadang dari mereka nafsu makannya bertambah karena makan dengan sambal. Memang sih, kalauu kebanyakan kurang baik juga. Tapi ternyata kandungan dalam Sambal juga baik untuk kesehatan lo, aku pernah baca di salah satu Majalah.Ternyata dalam sambal terdapat zat-zat gizi yg dpt mencegah terjadinya stroke, penyakit jantung, dan impotensi.
Bahan Utama sambal ya tentu saja cabai rawit. Yang ternyata juga mengandung vitamin C dan Betakaroten (Pro Vit. A). Zat yg terkandung pada cabai mengalahkan buah-buahan seperti Mangga, Nanas, atau Semangka. Bahkan kadar mineral, terutama kalsium dan fosfornya mengalahkan kandungan mineral yang ada pada Ikan Segar lo… Luar Biasa
Salah satu bagian yang membuat cabai pedas adalah “kapsaisin” yang tersimpan pada urat putih cabai atau tempat melekatnya cabai. Dan tentu saja khasiat terbesar pada cabai terletak pada kapsaisin ini. Sehingga Jika ingin mendapatkan khasiatnya mending di ilangin kalau takut pedas, cukup ambil sedikit aja sambalnya he…he… ^^
Menurut literatur  Kesehatan, kapsaisin bersifat antikoagulan, yaitu …………. menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. SEHINGGA… … orang yg suka makan sambal dapat memperkecil kemungkinan menderita penyumbatan darah (aterosklerosis), shg mencegah munculnya serangan stroke dan jantung koroner, SERTA impotensi.
Katanya lagi Kapsaisin juga baik dikonsumsi ketika sakit kepala menyerang. Rasa pedas dari kapsaisin dpt menghalangi aktifitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dr pusat sistem saraf.  Sehigga rasa sakitnya akan berkurang. Pada saat yg sama Kapsaisin akan mengencerkan lendir , sehingga dapat melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung, termasuk “SINUSITIS”.
Biasanya kalau kita makan pedas, kebanyakan dari kita akan makan sambal lagi atau gak kapok-kapok padahal sudah kepedesan luar biasa. He…he…. Pengalaman sendiri nie…hahahaha
Kenapa bisa begitu???
Karena komponen Kapsaisin pada cabe bersifat “STOMATIK” yakni dapat meningkatkan gairah makan. Selain itu Kapsaisin mempunyai kemampuan untuk merangsang produksi hormon endorfin, yg mampu membangkitkan sensasi kenikmatan, shg kita terus ingin menkonsumsinya.

Manfaat Kapsaisin :::::
Sebagai anti radang dan mengobati bengkak dan bisul.
Warning !!! ^^
Meskipun enak, konsumsi sambal tidak boleh berlebihan karena kandungan kapsaisin yg berlebihan bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung yang akan menyebabkan sakit perut.
So…. sebagai Pecinta Sambal, Mari Kita Makan Sambal Lagi He…he…!!!

About Khamir_Yeast

Pengajar dan Penulis Independen, Penyayang Kucing, Karakter : Humoris tapi Gampang Tersinggung, Agak temperamental dan cepat emosi, Cepat memaafkan, Lebih suka menganalisa sebelum berkomentar, Bersahabat tapi gak suka dengan orang yang Lebay. Suka makanan yang pedas. Hobi melukis, berenang, dan memasak. Moto Hidup : BATU saja bisa PECAH apalagi MASALAH ....

One response »

  1. silmina says:

    wihh info menarik, ijin kutip yaaa ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s